Selamat Jalan, Om..

Lebaraaannn!

Mohon maaf lahir dan batin yah ^ ^ , insya allah, setelah lebaran, kita menjadi pribadi/hamba allah yang lebih baik, amiin  *versi tobat abis lebaran 😀

Lebaran tahun ini, saya dan keluarga mendapatkan cobaan. Kami ditinggalkan salah satu anggota kelaurga kami tercinta, Hermansyah Widjaya. Beliau meninggalkan kami, di hari lebaran kedua, di rumah sakit Kramat 128 karena penyakit yang dideritanya, Leukimia.

Alm adalah om saya, tahun 2002 (kalo gak salah) menikah dengan tante saya (adik mama), jadi bukan saudara sedarah. Tapi sedihnya bukan main. Alm dikenal sebagai pribadi yang baik, pekerja keras dan soleh. Alm meninggalkan 1 orang putri (9th) dan 1 orang putra (2th).

Kami sekeluarga sedih bukan main 😥 . Alm dan istrinya masih muda, anak-anak mereka masih kecil-kecil, tentunya keluarga kecil mereka mempunyai banyak impian dan cita-cita. Di umur yang terbilang muda (41th) Alm sudah mendaftarkan untuk menunaikan ibadah haji bersama istrinya, mungkin tidak banyak yang seperti ini ya? Sebenernya alm sudah keluar masuk RS, tapi menurut saya kejadiannya sungguh cepat. Baru terdeteksi Leukimia mungkin 3 minggu sebelum Alm dipanggil yang maha kuasa. Awalnya, Alm hanya merasakan lemas, pusing-pusing, sering nyeri tulang.. sungguh tidak bisa disangka, jika gejala-gejala seperti itu bisa menjadi gejala salah satu penyakit yang mematikan. Akhirnya waktu itu Alm harus dirawat di RSCM Kencana dan keluar masuk rumah sakit selama tiga minggu. Dokter sudah memberikan statement, bahwa umur Alm sudah 3 s/d 6 bulan lagi. Kami semua kaget. Allah adalah empunya segenap Jiwa. Kami percaya dan optimis, keajaiban akan ada. Mukjizat akan diturunkan pada hambaNya. Alm akan sembuh pada waktunya atas seijin Allah, Sang Empunya.

Hari jumat 17 Agustus, Alm diperbolehkan pulang, tentunya Alm senang, karena bisa dekat dengan anak-anaknya. Lebaran hari pertama, kami semua ke rumah Alm. Waktu itu kaget.. karena kondisi (fisik) Alm kok saya lihat memburuk daripada waktu saya jenguk di RS 😥 . Sewaktu pamit pulang, saya cium tangan dan bilang “mohon maaf lahir batin om, cepet sembuh..” , Alm hanya manggut-manggut dan bergumam (saya gak ngerti ngomong apa), telapak tangan beliau bengkak. Saya tidak berani lama-lama di kamar Alm, gak tega 😦

Di malam lebaran pertama, mendapat kabar kalo Alm masuk rumah sakit lagi. Adik-adik mama yang lain ditugaskan menjemput anak-anaknya untuk kita jaga, karena tidak memungkinkan ikut ke RS. Salah satu adik mama yang liat waktu Alm dibwa ke mobil, anak pertamanya hanya mengintip dari balik pintu kemudian bertanya, “sebenarnya Bapak sakit apa? ” 😦 , malam itu, di hari lebaran, kami terus berdoa. Ya Allah.. berikan yang terbaik bagi hambaMu, angkatlah penyakitnya, hilangkanlah rasa sakitnya, sembuhkanlah.. ” . Kami tak pernah putus harapan. Apalagi semenjak Alm terdeteksi leukimia, setiap hari saya googling tentang leukimia dan ternyata banyak pasien yang bisa sembuh dari penyakit ini. Saya semakin optimis.

Pagi hari di lebaran hari kedua, saya dan keluarga dapat berita kalau Alm masuk ICU. Waktu itu keadaannya miris banget, di tengah kesedihan dan kekhawatiran yang amat sangat, kita (saya dan tante, adik mama) harus menemani anak-anak Alm bermain ke Margo City dengan MUKA BAHAGIA 😦 , padahal saat itu perasaan lagi campur aduk, ya mikirin kondisi Alm, ya kasihan lihat anak-anaknya..

Akhirnya Allah berkehendak lain. Alm berpulang ke rahmatullah tanggal 20 Agustus, pukul 19.40.. kami semua menangis.. duh, anak-anaknya mana masih pada polos banget, yang umur 2th masih joget-joget lagu kesukaannya (One direction – What Makes You Beautiful), anak pertamanya masih dandan-dandan 😦 gimana ngasih tau mereka coba? Tapi pesan dari Ibunya, kalau anak-anak jangan dikasih tahu dulu, biar besok pagi ibunya lagsung yang kasih tau.. anak pertamanya pinter banget, dia tipe suka menganalisa.. di saat kami semua menutupi tangis, dia nanya..”kenapa sih pada nangis? pasti karena Bapakku ya? ” kami semua bungkam.. maafin ya dek, kami gak langsung kasih tahu waktu itu 😦

Selasa 21 Agustus Alm akan dimakamkan pukul 10.00, kami semua berangkat dari rumah mbah dengan anak-anak mereka. I can say, that so far this is the hardest day for me.. melihat anaknya nanti, setelah tahu bahwa Bapaknya sudah tidak ada. Untuk selamalamanya T_T *mewek deh ni nulisnyaaa.  Memasuki area perumahannya, bendera kuning sudah berkibar.. di mobil, anak pertamanya nyeletuk “ih ada bendera kuning, pasti ada yang meninggal..” . Kami semua diam, menahan perih masing-masing. Pada bendera kuning selanjutnya .. “ini kok ada bendera kuning lagi, aku penasaran siapa yang meninggal..” , ya Allah Gusti.. kuatkan anak ini dan ibunya ya Allah..

Kami pun tiba dirumah Alm, sendu dan senyap. Si anak memeluk ibunya sebelumnya ia sempet nanya, “rumah ku ramai ada apa ya..” T__T , kami semua menangis.. hanya bisa berkata-kata dengan air mata. Melihat anak bersandar pada ibunya, bungkam, diam. Alm meninggal dengan sangat baik, semoga sudah dihilangkan dosa-dosanya..

Habis sudah kata-kata 😦

Selamat jalan Om..

Semoga tenang di sana, semoga amal kebajikanmu diterima Allah SWT, dilapangkan kuburmu, dihilangkan siksa kuburmu, dibukakan pintu surga yang sebesar-besarnya, amiin. Semoga tante (istri) tetap kuat dan tabah, dan anak-anaknya menjadi anak-anak yang solehah dan kuat.

Kita padahal mau jalan-jalan sekeluarga ya Om September nanti ke Singapore, berdua belas sama mbah juga..  tiket udah ready, paspor bojan ama cipaa juga udah ready 😦 tapi gpp, Om udah tenang disana, udah gak ngerasain sakit lagi..

See you Om 🙂

we will miss you 🙂

jangan khawatirkan cipaa & bojan, Cipaa & Bojan anak pintar, kemarin sempet kwalahan jawab-jawab pertanyaan cipa.. masa anak kelas 4SD nanya “kalo bapak gak ada, nanti pas aku nikah, siapa yang gantiin bapak?” berpikir jauh sekali sih nduk.. 🙂

Asyifa (cipaaa)

Fauzan (bojaan)

And these two amazing kids, akan jadi anak yang kuat, pintar dan sukses, amiin.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s