Mengurus Paspor Hilang di Luar Negri

Jika kehilangan passport di luar negri?

Kalo bisa siiii jangan sampe ilaaaaang bisa nangis2 darah deh ngurusnya. Ingat, paspor adalah belahan jiwa kita kalo di luar negri. Tapi, kalo udh terlajur beginilah caranya.

  1. Lapor di kepolisian terdekat tempat kalian tinggal. Minta surat keterangan kehilangan passport dengan menceritakan kejadian dalam form. (tips: selalu siap sedia bawa foto kalian, fotokopi identitas diri / ktp, paspor, npwp, tiket di dompet terpisah. Dua rangkap. Satu buat dibawa-bawa, satu simpan secara terpisah buat jaga-jaga)

  1. Cari embassy Indonesia di Negara/ kota kalian berkunjung (Tips: setiap sebelum pergi sebaiknya catat dulu embassy Indonesia di Negara yg kalian akan kunjungi. Takut2 disana berbahasa planet, susah komunikasi dan kehabisan uang krn di copet)

  1. Segeralah urus dengan cepat. Jgn ditunda-tunda untuk hal ini (pelaporan ke polisi setempat dan embassy) KBRI akan buka untuk kita, bahkan di hari libur.

  1. Siapkan biaya denda yang akan dikeluarkan. Misal untuk pengganti passport (SURAT PERJALANAN LAKSANA PASPOR) di Vietnam kena U$ 5. mungkin di setiap Negara beda2.

Kalau mengurus visa di imigrasi Negara setempat biaya sekitar U$35 (mungkin setiap Negara berbeda-beda)

  1. Tanyakan segala kemungkinan atau masalah yang akan ditemukan kepada KBRI. Minta pendapat atau saran dan usul. Biasanya kita akan menemukan masalah pada saat check-in (kl lagi sial) dan di immigrasi (kalo lg lebih sial). Jangan lupa untuk catat staff KBRI yang melayani kita pada saat kita mengurus kehilangan. Catat nomor tlp, dan nama lengkap.

  1. Bersiap memperpanjang waktu tinggal kita untuk 2 sampai 3 hari

  1. Jika kehabisan uang, mungkin bisa tarik ATM di bank2 dunia, seperti ANZ atau HSBC

  1. Intinya, siap fight di counter check in, dan imigrasi.

Nah, ribet kan? Jadi simpan dan jaga baik2 passpor kita seperti harta karun tak ternilai jika sedang ke luar negri. Careless = trouble. Tapi tenang saja, KBRI siap fight untuk kita. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s